Monday, May 10, 2010

origami

Origami

Sebelum kita membahas hal tesebut kita perlu tau apa sih origami itu? Origami adalah sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Origami, dari oru yang berarti "melipat", dan kami berarti "kertas" adalah Seni melipat kertas. Tujuan dari seni ini adalah untuk menciptakan sebuah representasi dari sebuah objek geometris menggunakan pola lipatan lipatan dan lebih baik tanpa perekatan atau memotong kertas, dan hanya menggunakan selembar kertas.

Mungkin, banyak yang beranggapan origami hanya sekadar hobi. Tapi ternyata tidak karena manfaat origami bisa berefek pada lingkungan, dekorasi dan juga menghasilkan materi. Melalui tekhnik origami kertas-kertas tersebut bisa lebih berguna. Tinggal dibuat lebih menarik, kertas pun bisa jad dekorasi atau hiasan untuk acara pesta.Dalam pembuatannya pun tidak hanya satu lapis kertas tapi bisa berlapis-lapis, tergantung objek yang akan dibuat.

Berikut ini beberapa alasan dan sekaligus manfaat berorigami untuk anak-anak

1. Anak belajar meniru/mengikuti arahan

Ketika seorang anak mengikuti tahap demi tahap lipatan dengan baik, maka sebenarnya ia telah belajar bagaimana mengikuti petunjuk dan arahan baik dari orang tua, instruktur, maupun dari gambar/foto origami. Dari sanalah ia belajar membuat sesuatu dari cara yang paling mendasar yakni meniru.

2. Anak belajar berkreatifitas

Origami memang dunia kreatifitas. Begitu banyak model origami, baik model tradisional maupun model dari karya-karya terbaru. Seorang anak tinggal memilih model apa dan mana yang ia sukai. Seiring dengan itu, jika anak sudah mulai mahir melipat dan sudah banyak model yang ia lipat, maka pada saat tertentu nanti akan muncul gagasan ingin membuat sesuatu dari teknik-teknik lipatan yang telah dikenalnya. Ini artinya ia belajar berkreasi untuk menghasilkan sesuatu.

3. Anak belajar berimajinasi

Model origami biasanya juga merupakan miniatur dari makhluk dan benda-benda kebutuhan hidup. Modelnya merupakan hasil dari imajinasi para pembuatnya. Ada model-model yang sangat jelas atau sangat natural dari bentuk-bentuk atau model-model kehidupan. Namun ia juga kadang begitu abstrak sehingga lebih diperlukan imajinasi yang kuat untuk menangkapnya. Seorang anak akan belajar berimajinasi melalui origami ini. Apalagi ketika ia telah mencoba berkreasi dengan sesuatu bentuk yang baru tanpa meniru atau mengikuti diagramnya.

YG PALING BAWAH ORANG CANTIK:D

5 Comments:

At May 25, 2010 at 6:14 AM , Blogger ferryabdurrahman said...

hahahaha

 
At May 25, 2010 at 6:14 AM , Blogger ferryabdurrahman said...

This comment has been removed by the author.

 
At May 25, 2010 at 6:15 AM , Blogger ferryabdurrahman said...

This comment has been removed by the author.

 
At June 30, 2010 at 11:22 PM , Anonymous Anonymous said...

Yang bawah cantik gan

 
At December 27, 2012 at 12:22 AM , Blogger Unknown said...

yang paling bawah cantik dan bening gaaaannn,,,

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home